tema

08 May 2010

Lubang Air (Spillways)


Sebuah lubang raksasa di air sebenarnya adalah sebuah metode untuk mengendalikan pelepasan mengalir dari bendungan atau tanggul ke daerah hilir. Spillways atau katup ini membantu mencegah banjir dari penuaan dam yang bisa menghancurkan sebuah bendungan.
Spillways adalah suatu struktur yang digunakan untuk menyediakan tempat kontrol arus dari bendungan atau tanggul yang menuju ke daerah hilir. Biasanya terdapat pada sungai yang dibendung. Spillways merupakan inovasi anti banjir, sehingga tinggi air tidak dapat melampaui tinggi bendungan yang
dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan menghancurkan bendungan. Sedangkan bagian dasar dari spillways ini merupakan struktur yang digunakan untuk melepaskan air secara teratur. Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga air. Spillways (terkendali) memiliki pintu air otomatis yang dapat digunakan untuk mengatur aliran air dan tinggi bendungan.

Di daerah tertentu spillways biasanya dilengkapi dengan pengaturan pemecah es untuk mencegah katup dari tertutup es.
Spillway terletak di atas reservoir (waduk penampungan air).

Ada dua jenis spillways: terkendali dan tidak terkendali.

Spillway yang terkendali memiliki struktur mekanik atau gerbang untuk mengatur laju aliran air. Desain ini memungkinkan untuk memungkinkan mengatur ketinggian bendungan yang akan digunakan untuk penyimpanan air sepanjang tahun, dan saat banjir bisa dikeluarkan dengan membuka satu atau lebih spillways.

Spillway yang tidak terkendali, tidak memiliki pintu, ketika air naik di atas bibir atau puncak katup maka air yang itulah mulai dikeluarkan dari reservoir. Laju debit dikendalikan hanya dengan kedalaman air dalam reservoir. Semua volume penyimpanan dalam reservoir di atas puncak Spillway hanya dapat digunakan untuk penyimpanan sementara air banjir, dan tidak dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan air bersih.

ini gambar lubang airnya


dan ini tempat keluarnya



berikut gambar cara kerjanya




>> sumber : kaskus dengan beberapa pengubahan

No comments:

Post a Comment